Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Browser Android TV Terbaik

browser android tv terbaik

Android TV memiliki banyak hal yang dilakukan, salah satunya browsing internet. Apa saja browser terbaik untuk Android TV?

Kebanyakan orang membeli Android TV untuk streaming Youtube, TV atau movie dari Netflix. Tentunya lebih puas menonton film di layar TV dibanding menggunakan smartphone. Bagi streamer, kamu bisa menghubungkan streaming game dari komputer ke layar Android TV kamu.

Browser Android TV Terbaik

Mungkin ada yang baru paham ternyata Android TV bisa digunakan untuk browsing internet. Hal ini disebabkan karena tidak tersedianya aplikasi browser di bawaan Android TV. Jadi, apa saja browser Android TV terbaik ? Berikut adalah beberapa pilihan browser Android TV terbaik.

1. Puffin TV Browser

puffin tv - browser android tv terbaik

Puffin TV Browser disebut-sebut sebagai browser Android TV Terbaik. Browser ini menawarkan performa yang apik, tampilan yang bersih dan fitur yang sangat fungsional.

Puffin TV Browser sangat nyaman digunakan menggunakan remote bawaan Android TV. Alternatif menggunakan Puffin TV Browser bisa menggunakan joystik game atau mouse yang terhubung ke Android TV.

Dari sisi design interface Puffin TV di Android TV cepat, ringat, bersih dan enak dipandang.

Terdapat fitur QR Code untuk menambahkan favorite website yang kita sukai dan tidak perlu repot-repot untuk mengetik ulang website tersebut.

Didukung juga Adobe Flash untuk membuka website dengan fitur flash jika dirasa diperlukan.

2. Google Chrome

google chrome - browser android tv terbaik

Google Chrome pasti sudah tidak asing lagi bagi yang suka berseluncur di dunia internet. Walaupun populer, anehnya Google Chrome tidak tersedia di Android TV Play Store.

Tetapi tidak perlu khawatir, bagi yang terbiasa dengan browser Google Chrome, masih tetap bisa menikmati menggunakan browser ini di Android TV.

Kamu masih bisa menginstal Google Chrome di Android TV Box melalui web Play Store. Beberapa perangkat mengizinkan untuk menginstal Google Chrome menggunakan perintah suara atau voice command.

Hanya saja satu kekurangan Chrome yang sangat mengganggu adalah adanya kemungkinan Google Chrome tidak terhubung dengan remote Android TV. Hal ini tentunya sangat mengganggu untuk mengakses semua fitur yang ada di browser ini.

3. Mozilla Firefox

mozilla firefox - browser android tv terbaik

Browser Mozilla Firefox juga cukup terkenal bagi kalangan pengguna desktop dan mobile. Browser ini masih masuk ke dalam kategori browser Android TV terbaik peringkat atas.

Banyak orang berpendapat bahwa menggunakan browser ini dapat mempercepat akses akses website. Walaupun ada yang berpendapat demikian, hal ini tidak dialami oleh setiap orang dan mungkin akan berbeda setiap orang.

Kelebihan menggunakan Firefox adalah banyaknya fitur ekstension yang berfungsi di platform Android TV.

Sama seperti Chrome, browser Mozilla Firefox tidak terdapat di Android TV Play Store, hal ini dikarenakan pembatasan persyaratan kelayakan dari Android TV App. Juga, browser ini tidak mendukung penggunakan remote Android TV.

Untuk menggunakanya harus di sideload di perangkat Android TV. Walaupun demikian, terdapat ekstensi Ublock yang dapat digunakan untuk memblokir iklan dan kompatibilitas visual yang lebih baik dibandingkan dengan Google Chrome.

4. TVWeb Browser

TVWEB Browser - browser android tv terbaik

Browser ini menyerupai Puffin Browser dari sisi fitur dan visual. TV Web browser memberikan layanan integrasi dengan penggantian User Agent, Pengaturan search engine, Voice Search (pencarian dengan suara), book mark, akses history browser dan mouse on-screen yang bisa disesuaikan dengan menggunakan remote bawaan Android TV.

Untuk menggunakan browser ini bisa diunduh gratis di Android TV Play Store. Dengan beberapa kelebihannya, browser ini cukup nyaman digunakan di Android TV.

5. Web Browser for Android TV

Web Browser for Android TV - browser android tv terbaik

Web Browser for Android TV bisa menjadi pertimbangan untuk memilih browser Android TV Terbaik.

Jika berbicara kualitas, browser ini masih kalah dibandingkan Puffin TV browser atau TVWeb Browser. Kamu bisa menjadikan pilihan ketiga, jika browser lain tidak bisa digunakan.

Salah satu fitur yang menarik untuk menggunakan browser ini adalah fitur pendukung HTML5 full-screen video yang akan memanjakan kamu saat menonton video.

Alternatif Browsing Web di Android TV

Jika dirasa tidak ada browser yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak ingin menginstal browser, berikut adalah 2 alternatif untuk bisa browsing tanpa harus instal browser di Android TV.

a. GameStream

Persyaratannya Android TV harus terhubung dengan PC sebelumnya. Singkatnya, kita masih bisa mengakses Windows Desktop dari Android TV.

Jika memiliki Nvidia Shield, ini memungkinkan GameStream untuk mengakses Windows Dekstop dengan menggunakan browser apapun yang terdapat di Windows Dekstop.

Hal ini bisa dikarenakan GameStream memperbolehkan penggunanya untuk menambahkan semua aplikasi di PC secara manual. Ketik C:\Windows\System32\mstsc.exe (Remote Desktop Connection App) untuk bisa masuk ke Windows Dekstop.

Kita gunakan remote Android TV sebagai mouse untuk membantu kita mengarahkan masuk dan mengakses browser yang ingin kita gunakan.

b. Chromecast (Menghubungkan Layar TV)

Persyaratan Android TV harus terhubung dengan PC sebelumnya. Sama seperti metode GameStream diatas. Cara ini menghubungkan layar desktop dengan layar Android TV untuk mengakses browser di PC.

Hanya saja metode ini cukup berat dan sering menyebabkan lag. Cara ini bukan solusi yang baik tetapi merukapan cara alternatif yang solutif untuk sekedar mengakses browsing secara darurat.

Jadi, Manakah Browser Android TV Terbaik?

Berdasarkan fitur dan kualitas dan menimbang kelebihan juga kekurangannya, kami menyimpulkan browser Puffin TV adalah browser Android TV terbaik.

Browser Puffin TV menawarkan keseimbangan fitur dan fungsi dan dari sisi pandangan sebagai pengguna, aplikasi ini bersih, cepat dan user-friendly.

Bagaimana ? Apakah kamu memiliki rekomendasi browser Android TV terbaik lainnya? Jika ada, kamu bisa menyebutkan di kolom komentar dibawah ini.

Posting Komentar untuk " 5 Browser Android TV Terbaik"