Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Modem Indihome Yang Rusak (Pengalaman Pribadi)

Cara Mengganti Modem Indihome Yang Rusak

Seiring dengan pemakaian internet Indihome pasti ada saja perangkat Indihome yang rusak, baik itu remote, STB atau Modem. Kali ini saya akan berbagi cara mengganti modem Indihome yang rusak berdasarkan pengalaman saya.

Saya adalah pengguna provider Indihome sejak 2 tahun lalu. Kebetulan koneksi internet Indihome cukup bagus di daerah saya dan saat itu belum ada provider lain yang masuk ke area perumahaan tempat saya tinggal.

Saat pemasangan jaringan internet Indihome ada 3 perangkat yang dipinjamkan yaitu remote, STB dan modem. Singkatnya, modem adalah terminal untuk menyambungkan jaringan fiber optik ke perangkat komputer, laptop dan smartphone menggunakan wifi atau kabel LAN. STB berfungsi sebagai penyedia channel TV yang tersambung ke modem dan remote sebagai alat bantu untuk mengoperasikan semua fitur Indihome dari jarak jauh.

Hampir dari tiga perangkat tersebut saya sudah pernah mengalami kerusakan. Sebelumnya saya sudah membuat panduan cara mengganti remote TV Indihome yang rusak, jika ada kendala juga di remote bisa membaca artikel tersebut.

Kali ini saya akan fokus memandu cara mengganti modem Indihome yang rusak. Menurut pengalaman saya ada beberapa penyebab mengapa modem Indihome rusak. Ini perlu diketahui agar kita dapat menghindari kerusakan kembali pada modem Indihome.

Penyebab Modem Indihome Rusak

Indikasi bahwa modem Indihome rusak adalah lampu LOS terus berkedip atau semua lampu tidak menyala sama sekali. Juga, jaringan tidak terhubung ke TV dan muncul kode error pada tampilan layar televisi. Ada pula modem restart sendiri secara berkala dan semakin lama semakin sering sehingga membuat internet dan TV tidak terhubung. berikut adalah penyebab modem Indihome rusak

1. Tegangan listrik tidak stabil.

Bisa jadi kamu bertempat tinggal di area yang memiliki tegangan listrik tidak stabil. Biasanya ditandai dengan tiba-tiba listrik meredup atau seringnya mati lampu. Jangan kaget apabila modem Indihome cepat rusak. Solusi dari mereka yang tinggal di area tegangan listrik tidak stabil adalah menggunakan stabilizer untuk beberapa alat elektronik termasuk modem Indihome.

2. Modem pernah jatuh.

Kebanyakan modem Indihome ditempel di dinding, baik itu dilem atau menggunakan braket (penyangga). Bisa jadi permasalahan modem Indihome rusak karena pernah terjatuh. Hal ini dikarenakan modem Indihome terbilang ringkih dan tidak akan bisa menahan benturan saat terjatuh dari tempat yang tinggi.

3. Sumber listrik bermasalah.

Sebaiknya adanya pengaturan stop kontak sebagai sumber listrik dari beberapa alat elektronik. Ada beberapa pengguna yang menggunakan satu stop kontak untuk beberapa alat elektronik dengan kebutuhan listrik tinggi dan modem Indihome juga ikut menumpang di stop kontak tersebut. Penggunaan stop kontak secara bersamaan akan menimbulkan permasalahan karena membuat beban listriknya menjadi semakin berat.

4. Peletakan modem tidak tepat

Tidak dipungkiri bahwa peletakan modem Indihome berada di tempat yang strategis. Hal ini dikarenakan modem Indihome sudah include dengan wifi dan sinyal wifi harus mencakup seluruh area rumah. Beberapa permasalahan terjadi jika modem tidak diletakkan di tempat yang tepat seperti panas saat tidak ada sirkulasi udara, terkena rembesan air bocor, terjatuh, tergigit tikus dan lain sebagainya.

5. Update Youtube di STB Indihome TV.

Cara Mengganti Modem Indihome Yang Rusak

Sebenarnya ini bukan permasalahan modem rusak tetapi modem tidak bisa digunakan khususnya aplikasi Youtube di Indihome TV. Agar dapat menikmati aplikasi Youtube kembali bisa menggunakan cara sebagai berikut:

  • Open Usee Store
  • Uninstall YouTube lama (v1.2.7)
  • Install YouTube yg baru (v2.02.08)
  • Buka YouTube, pilih SignOut version (Kalau coba Sign in, akan error).
  • Jika ada kendala saat install, langkah awal silakan restart modem terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan restart STB guna merefresh jaringannya lalu coba kembali.

Beberapa pengguna sudah menerapkan cara diatas tetapi masih STB masih belum bisa. Hal ini dikarenakan STB tidak kompatibel dengan update Youtube yang baru sehingga harus diganti dengan STB yang baru. Untuk prosesnya bisa menghubungi call center Indihome.

Mungkin ada beberapa pengguna yang berinisiatif untuk mengutak-atik sendiri modem yang rusak dan bahkan ada yang sampai membelinya dari toko. Saya tidak menyarankan, karena setiap modem ditanam konfigurasi yang sudah terhubung ke jaringan Indihome. Jadi, cara terbaik untuk mengganti modem Indihome yang rusak adalah dengan menghubungi call center. Biarkan ahlinya yang bekerja.

Cara Mengganti Modem Indihome yang Rusak

Seperti saya katakan sebelumnya, kita tidak perlu repot-repot untuk memperbaikinya sendiri bahkan sampai membeli untuk mengganti modem Indihome yang rusak. Kita cukup hubungi pengaduan layanan Indihome di salah satu platform yang anda sukai. 

Prosedur awal yang dilakukan untuk memastikan modem Indihome rusak adalah melakukan restart (mati-hidupkan) modem secara berkala selama 5-10 menit. Jika memang bermasalah, bisa langsung menghubungi pengaduan layanan/customer care Indihome.

Berikut adalah beberapa cara menghubungi pengaduan layanan/customer care Indihome untuk mengganti modem Indihome yang rusak.

1. Email: customercare@telkom.co.id

Seperti saya sebutkan di artikel cara mengganti remote tv Indihome yang rusak sebelumnya, menggunakan email adalah cara favorit saya untuk setiap keluhan di Indihome. Selain responnya cepat, history keluhan akan tersimpan rapi di email. Hal ini penting, untuk memastikan pekerjaan perbaikan modem Indihome yang rusak sesuai dengan prosedur Indihome.

Cara Mengganti Modem Indihome Yang Rusak

Cara Mengganti Modem Indihome Yang Rusak

2. Instagram: @indihomecare

Hampir setiap orang menggunakan instagram saat ini. Pastikan untuk menghubungi akun IG Indihome yang resmi yang terdapat centang biru dinamanya. Hal ini dikarenakan banyaknya akun fake yang mengatasnamakan Indihome hanya untuk kebutuhan penjualan produk Indihome saja.

3. Facebook: @IndiHomeCare

Di Facebook juga banyak akun yang mengatasnamakan Indihome. Untuk pelayanan hanya ada satu yang official yaitu @IndiHomeCare. Tidak disarankan untuk membuat keluhan di kolom postingan, untuk respon cepatnya kirim keluhan untuk mengganti modem Indihome yang rusak melalui PM (Private Message) dengan mencantumkan ID Pelanggan, Nama, No HP dan detail keluhan.

4. Twitter: @TelkomCare @IndiHomeCare

Mengutip dari Mas Payogo dari webaik.com yang telah melaporkan keluhan untuk mengganti modem Indihome rusak jadi baru. Menurut Mas Payogo melakukan komplain menggunakan Twitter tidaklah boros, tetapi sayangnya Mas Payogo harus menunggu proses 5 hari agar sampai ada kejelasan.

Cara Mengganti Modem Indihome Yang Rusak

Cara Mengganti Modem Indihome Yang Rusak

5. Call Center 147

Bagi yang memiliki pulsa telepon lebih bisa menelpon langsung call center 147. Cara ini adalah cara tercepat untuk mendapat tanggapan langsung dari Indihome. Jelaskan secara detail history gangguan dan jangan lupa sertakan ID pelanggan dan data diri sebagai verifikasi pengguna Indihome.

6. Gerai Telkom Terdekat

Untuk yang mau instan tanpa harus menunggu teknisi datang bisa mengunjungi langsung gerai Telkom terdekat dengan membawa modem yang rusak. Sertakan juga ID pelanggan dan kartu identitas sebagai syarat administrasi keluhan. Tetapi cara ini harus dipastikan bahwa kamu sudah bisa memasang sendiri perangkat modem tersebut.

Apakah Ganti Modem Indihome Gratis?

Biaya ganti modem Indihome adalah gratis alias tidak ada biaya untuk penggantian modem. Hal ini dikarenakan semua perangkat yang diberikan oleh Indihome baik itu modem, STB dan remote statusnya adalah SEWA. Untuk semua itu sudah termasuk dalam biaya yang kita bayarkan setiap bulannya. Perangkat-perangkat tersebut juga akan dikembalikan saat kita selesai menggunakan jasa internet dari Indihome. Jadi, saat ada kerusakan perangkat, kita cukup laporkan ke customer care dan mereka akan mengganti semua perangkat termasuk modem Indihome yang rusak dengan yang baru sampai internet dan channel TV bisa berjalan kembali. 

Perlu diketahui terdapat banyak cara mengganti modem Indihome yang rusak. Diantaranya menggunakan media sosial, telp hingga datang langsung ke gerai Telkom terdekat. Hal ini bertujuan agar pelanggan dapat dengan mudah menyampaikan keluhan tergantung dari media yang paling sering digunakan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Modem Indihome Yang Rusak (Pengalaman Pribadi)"