Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel


Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel

Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel - Bagi yang sering otak-atik PC pasti tidak asing dengan back panel. Back panel adalah perangkat keras yang tersambung dengan motherboard memiliki port-port yang berfungsi untuk menyambungkan perangkat lain seperti monitor, keyboard, mouse atau speaker. Saking banyaknya port di back panel ini, banyak yang masih bingung fungsi dan kegunaannya. Maka dari itu mari kita simak pengertian dan fungsi masing-masing port back panel dibawah ini.

Peletakan back panel umumnya dibagian belakang CPU. Tujuannya agar mempermudah instalasi perangkat dengan portnya dan secara estetika tidak mengganggu pemandangan jika ditaruh belakang karena banyaknya untaian kabel yang terhubung.

Fungsi Port di Back Panel

Fungsi Port adalah sebagai tempat terhubungnya komputer/PC dengan perangkat external seperti USB, keyboard, mouse, speaker, headset, monitor, HDMI dan lainnya. Umumnya semua port ditaruh di sisi bagian belakang PC, sehingga sisi bagian belakang tersebut dikhususkan untuk instalasi perangkat external. 

Jenis-Jenis Port di Back Panel

1. Port PS/2

Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel

Jika back panel kamu memiliki jenis port PS/2 maka bisa dibilang back panel kamu adalah jenis yang lama. Kenapa ? karena port PS/2 merupakan sepasang port yang digunakan untuk mouse dan keyboard. Untuk mouse berwarna hijau dan keyboard berwarna ungu. Port PS/2 banyak ditinggalkan karena saat ini kebanyakan orang lebih memilih Port USB untuk keyboard dan mouse. Kekurangannya adalah untuk menggunakan keyboard dan mouse port harus sudah terpasang saat keadaan baru hidup. Sedangkan keyboard dan mouse dengan port USB lebih mudah digunakan karena adanya fitur PLUG and Play alias bisa dinyalakan ketika dicolokkan dan tidak harus menunggu restart PC terlebih dahulu saat ingin digunakan.

2. Port USB

Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel

Port USB adalah port yang paling penting dan paling banyak digunakan karena sifatnya yang multifungsi. Port USB dapat digunakan untuk beberapa perangkat seperti mouse, keyboard, speaker, modem wifi, kabel data, kabel charging dan lainnya. 

Dari kecepatan transfer data juga terbilang cukup cepat. Karena sifatnya yang multifungsi, port ini banyak diintegrasikan di laptop dan umumnya lebih dari 2 port USB di satu laptop karena sifatnya yang multifungsi.

Saat ini port USB memiliki dua versi yaitu USB 2.0 dan USB 3.0 dimana USB 3.0 memiliki kecepatan transfer 10 kali lebih cepat dibandingkan USB 2.0 dan juga mendukung versi sebelumnya yaitu USB 2.0.

3. Port Serial

Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel

Port serial saat ini sudah tidak banyak digunakan lagi sejak keberadaan Port USB. Dahulu, Port Serial adalah Port pada PC yang berfungsi menghubungkan perantkat external seperti keyboard, mouse atau modem.

4. Port Pararel

Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel

Dinamakan port pararel karena bisa menerima dan mengirim data yang banyak sekaligus. Port ini termasuk jenis port lama. Port pararel juga dikenal dengan sebutan printer port atau centronics port. Fungsi port pararel adalah sebagai penghubung dengan perangkat jenis lama seperti printer, scanner, gamepads, sound cards, web cams, external CD-RW dan lainnya.

5. Port VGA

Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel

Port VGA berfungsi untuk menampilkan output data grafis ke monitor, televisi atau projektor. Sampai saat ini motherboard high-end masih menggunakan Port VGA. Hanya saja port VGA tidak bisa mentransmisikan audio dan hanya bisa menampilkan output data grafis ke monitor, televisi atau projektor.

6. Port LAN atau Ethernet

Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel

Port LAN atau ethernet adalah port penghubung komputer dengan konektor RJ45 sebagai penyalur transmisi data internet. Port LAN ini lah yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan komputer ke komputer, komputer ke router, komputer ke switch atau hub.

7. Port Audio

Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel

Port audio ini berfungsi sebagai transmiter untuk mengeluarkan output audio dari komputer. Output audio bisa berasal dari internal komputer maupun external seperti mic. Port Audio umumnya terdiri dari 3 buah port yang berbeda warna.

Port Audio warna merah berfungsi untuk output audio dari external yaitu mic, warna biru untuk memasukan suara dari luar komputer, warna hijau mengeluarkan output audio dari internal komputer.

Sayangnya ada perangkat yang membutuhkan dua port sekaligus seperti headset dan tidak didukung dari port audio ini. Maka dari itu untuk jenis komputer high-end sudah tidak menggunakan port Audio ini, tetapi memaksimalkan fungsi port USB. Dimana hampir semua perangkat audio sekarang ini menggunakan port USB.

8. Port Power Source

Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel

Port power source berfungsi menyuplai tegangan listrik ke seluruh perangkat listrik. Port ini dihubungkan dengan Power Supply yang meneruskan sumber daya ke motherboard dimana semua fungsi dari komputer terdapat disana. Berbeda dengan laptop yang menggunakan baterai sebagai sumber daya utamanya, komputer menggunakan sumber daya listrik langsung sebagai sumber daya utama.

9. Port HDMI

Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel


Fungsi Port HDMI mirip dengan Port VGA dimana berfungsi untuk menampilkan output data grafis ke monitor, TV, atau proyektor. Hanya saja port HDMI memiliki kelebihan transmisi media dengan kualitas HD dengan lubang port yang cukup kecil dibanding port VGA.

10. Port FireWire (IEE1394)

Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel_5

Bagi pengguna OS Mac terdapat port Fireware sebagai penghubung dan media transfer data dengan kabel interface IEEE 1394. Port ini diklaim memiliki kecepatan transfer tinggi dan paling stabil melebihi port USB. Port Fireware telah diuji dan memiliki kecepatan transfer data hingga 400 Mbps.

Hingga saat ini banyak komputer memiliki port yang berbeda, bahkan beberapa ada yang dicustom untuk memenuhi kebutuhan mereka. Semua itu tergantung fungsi masing-masing port di back panel sesuai atau tidak dengan kebutuhan mereka. Port diatas setidaknya sudah mencakup semua port di back panel komputer versi high-end.  Jika kamu rasa masih ada port lain beserta fungsinya di back panel yang tidak dicantumkan diatas, kamu bisa bantu isi di kolom komentar di bawah.

Posting Komentar untuk " Pengertian dan Fungsi Masing Masing Port Back Panel"