Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Remote TV Indihome Yang Rusak (Pengalaman Pribadi)

Cara Mengganti Remote TV Indihome Yang Rusak

Jika kamu mengunjungi artikel ini ada kemungkinan remote TV Indihome rusak dan ingin tau cara mengganti remote TV Indihome yang rusak. Betul Tidak ? Jika memang iya, semoga artikel yang berdasarkan pengalaman pribadi ini bisa membantu kamu smua.

Saya mulai memakai Indihome sudah hampir 2 tahun. Alasannya karena tidak banyak provider yang masuk ke perumahaan tempat saya tinggal di waktu itu. 

Sekedar informasi untuk paket internet yang saya pilih adalah Paket 2P (Internet + TV), jadi dari pihak Indihome meminjamkan saya modem, STB dan satu buah remote TV.

Dalam kurun waktu 2 tahun, ada beberapa masalah yang sering terjadi seperti kabel putus, modem dan STB. Nah, baru-baru ini remove TV indihome saya rusak karena banyak hal, sering jatuh, kalo macet sering digetok-getok pakai tangan dan banyak hal.

Kali ini saya akan berbagi bagaimana cara mengganti remote TV Indihome yang rusak versi saya.

Penyebab Remote TV Indihome tidak bisa digunakan

Banyak penyebab remote TV Indihome rusak, hal ini penting diketahui agar remote TV Indihome bisa berfungsi kembali. Penyebab remote TV Indihome tidak bisa digunakan sebagai berikut:

1. Baterai Habis. Setiap kali mengadukan ke pihak Indihome pihak customer care Indihome pasti menyarankan untuk memeriksa baterai terlebih dahulu. 

Coba ganti dengan baterai yang masih aktif, jika masih bermasalah bisa jadi ada masalah lain.

2. Sensor remote bermasalah. Karena sensor remote TV Indihome menggunakan infra merah, coba periksa bagian sensor apakah terhalang oleh debu. 

Biasanya dalam penggunaan jangka panjang remote TV Indihome tertutup debu dan menghalangi sensor remote TV. 

3. Besi penghantar baterai berkarat. Cek juga bagian tempat terpasangnya baterai. Jika penghantar baterai berkarat, bisa jadi energi baterai tidak tersalurkan ke remote TV. Indikasinya, lampu di remote tidak menyala saat ditekan.

4. Komponen remote TV lepas. Hal yang paling sering terjadi dikarenakan jatuh. Nah, kasus yang saya alami, remote sering dimainkan oleh anak saya untuk lempar-lempar. Walaupun indikator lampu menyala saat ditekan, tetapi sensor tidak merespon ke STB/Modem Indihome.

Apakah Remote TV Indihome bisa diganti?

Jawabannya Bisa. Sesuai kontrak perjanjian saat pemasangan, bahwa semua perangkat dari Indihome (modem, STB, remote) adalah statusnya pinjam. Indihome akan menyediakan smua perangkat saat awal pemasangan dan akan mengganti saat ada permasalahan.

Untuk cara mengganti remote TV Indihome, hampir sama dengan cara mengganti modem Indihome yang rusak seperti beberapa waktu yang lalu. Jika kamu ada permasalahan yang sama seputar modem Indihome, kamu bisa membacanya terlebih dahulu.

Cara Mengganti Remote TV Indihome

Cara mengganti remote TV Indihome saat ini sangat mudah. Indihome menyediakan banyak pilihan untuk mengatasi keluhan dari pelanggannya. 

Secara pribadi saya lebih suka menghubungi customer care Indihome melalui e-mail. Alasannya, customer care online 24 jam dan tidak sampai 12 jam ada tanggapan dari keluhan kita. 

Juga, record tiket akan tersimpan di e-mail dan apabila ada permasalahan dengan kinerja teknisi saat datang ke rumah, kita bisa follow up langsung ke pihak Indihome pusat. Istilahnya lebih terpantau.

Beberapa teknisi juga sering untuk meninggalkan kontak person mereka dan jika terdapat permasalahan bisa menghubungi mereka langsung. Tetapi saya pribadi tidak menyarankan hal ini. Dikarenakan saya sedang bekerja dan meninggalkan anak dan istri dirumah.

Lebih baik setiap laporan harus ada nomor tiket keluhan agar ada tanggung jawab kerjanya.

Pengaduan Layanan :

1. Email: customercare@telkom.co.id

Menghubungi Indihome via email adalah favorit saya untuk mengajukan keluhan. Untuk menghubungi email Indihome, sertakan ID pengguna Indihome, No HP dan keluhan secara detail. Saat proses pengajuan keluhan mengganti remote TV Indihome yang rusak, pihak customer care Indihome akan menyarankan terlebih dahulu mengganti baterai remote TV. Jika masih bermasalah, maka akan diproses lebih lanjut. Lampirkan juga foto remote TV yang rusak. 

Seperti gambar dibawah, saya menghubungi malam hari berlanjut hingga pagi hari dan teknisi tepat datang jam 8 pagi keesokan harinya.

Cara Mengganti Remote TV Indihome Yang Rusak

Cara Mengganti Remote TV Indihome Yang Rusak

Cara Mengganti Remote TV Indihome Yang Rusak

Cara Mengganti Remote TV Indihome Yang Rusak

2. Instagram@indihomecare

Saya belum pernah mengajukan keluhan menggunakan instagram Indihome, tetapi sekedar saran untuk DM instagram akun resmi Indihome yang verified (centang biru). Karena banyaknya akun Indihome yang dibuat oleh sales Indihome secara pribadi dan sifatnya hanya untuk penawaran produk.

3. Facebook: @IndiHomeCare

Untuk mengajukan keluhan sebaiknya tidak mencantumkan data diri di kolom komentar postingan Indihome, tetapi melalui PM (private message) Facebook Indihome. Pastikan untuk menghubungi akun resmi facebook Indihome yang verified (centang biru)

4. Twitter: @TelkomCare @IndiHomeCare

Salah satu social media yang paling cepat mendapat respon keluhan adalah melalui twitter. Kirim via DM untuk keluhan mengganti remote TV Indihome rusak dengan mengirimkan ID pelanggan, No HP dan detail keluhan.

5. Call Center 147

Bagi yang memiliki pulsa lebih dan ingin langsung direspon dari pihak customer care bisa menghubungi Call Center Indihome langsung di 147. Menghubungi melalui call center Indihome adalah solusi tercepat untuk mendapatkan tanggapan.

6. Gerai Telkom Terdekat

Bagi yang ingin masalah langsung terselesaikan dengan mengganti remote yang rusak dengan yang baru, bisa langsung mendatangi gerai telkom terdekat. Mendatangi gerai telkom terdekat tidak harus menunggu teknisi datang kerumah. Persyaratannya juga mudah, cukup hubungi satpam/CS kemudian bawa remote TV rusaknya serta membawa kartu ID pelanggan. Jika tidak memiliki bisa menunjukkan data diri MyIndihome di smartphone kamu. 

Biaya Ganti Remote TV Indihome

Sering kali pertanyaan ganti modem Indihome bayar atau tidak muncul saat ada gangguan di modem Indihome kita. Biaya ganti remote TV Indihome adalah GRATIS alias TIDAK PERLU BAYAR

Hal ini sesuai dengan perjanjian saat kita mengajukan pemasangan Indihome. Perangkat seperti modem, STB dan remote adalah properti miliki Indihome yang akan dikembalikan jika kita sudah tidak menggunakan internet dari Indihome lagi. Apabila ada permasalahan apapun terkait perangkat Indihome, pihak Indihome akan mengganti dengan yang baru.

Posting Komentar untuk " Cara Mengganti Remote TV Indihome Yang Rusak (Pengalaman Pribadi)"