Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti F2P, P2W dan P2P di Dunia Game

Arti F2P, P2W dan P2P di Dunia Game

Game online genre MMORPG sering kita dengar istilah F2P, P2W atau P2W. Istilah ini disematkan kepada player dengan beberapa kondisi untuk memainkan atau menunjang kemampuan karakter di game online.

Basis game Free to Play, Pay to Win dan Pay to Play dengan berbagai kontroversinya, juga merupakan daya tarik tersendiri dari game online tersebut.

Sering ditanyakan, Apakah game online basis P2W lebih bagus dari F2P ? Jawabannya tidak tentu. Peran dari developer game adalah menyeimbangkan semua player dari berbagai skill, latar belakang dan kemampuan finansial untuk bermain bersama dan membentuk komunitas yang menarik.

Apa itu Free to Play (F2P)?

Free to Play adalah kondisi dimana developer game online tidak membebani biaya kepada player. Player cukup mendownload game online dan memainkannya dengan gratis.

Untuk meningkatkan kemampuan karakter, player tidak harus top up atau membeli voucher. Player cukup rajin farming, menyelesaikan misi dan meluangkan waktu yang cukup banyak untuk mendapatkan item atau equip langka dengan peluang yang kecil.

Tentunya game F2P memiliki komunitas yang besar karena para player dapat bersaing dengan sehat. Siapa yang memiliki banyak waktu untuk bermain, biasanya memiliki rangking yang tinggi, uang yang banyak dan item atau equip yang lengkap.

Kelebihan F2P

  • Game F2P memiliki pemain yang banyak karena gratis.
  • Pemain bisa bersaing sesuai jam bermain tanpa dikalahkan dengan mereka yang top up.

Kekurangan F2P 

  • Umumnya game F2P, satu orang memegang banyak akun.
  • Banyaknya joki karena keterbatasan waktu bermain game.

Contoh Game F2P adalah Mobile Legends, Candy Crush, The Sims, dll.

Apa itu Pay to Win (P2W)?

Pay to Win adalah kesempatan yang diberikan developer game untuk melakukan pembayaran atau top up didalam game dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan karakter atau membeli item didalam game.

Beberapa orang ingin menikmati game online tapi terhambat keterbatasan waktu. Untuk bisa mengejar ketinggalan level karakter atau kemampuan senjata, player bisa melakukan top up di dalam game online. Inilah yang disebut player P2W atau Pay to Win.

Kelebihan P2W

  • Player P2W dapat meingkatkan level karakter dan mendapatkan item kuat dengan cepat.
  • Player P2W dapat membeli item langka yang tidak bisa dibeli player F2P.
  • Player P2W umumnya diberi akses VIP yang memudahkan menyelesaikan misi atau quest didalam game.

Kekurangan P2W

  • Terdapat kesenjangan antara player F2P dan P2W yang membuat komunitas menjadi tidak sehat.
  • Jika player F2P tidak bisa mengejar level dan item player P2W maka game online tersebut akan siap-siap ditinggalkan.
  • Semakin sering melakukan top up maka kemampuan karakter akan meningkat drastis dan ini membutuhkan uang yang tidak sedikit.
  • Membuat rasa ingin terus top up disetiap event agar bisa bersaing dengan player lain.

Contoh game P2W adalah Genshin Impact, Free Fire, PUBGM, Ragnarok X Generation, RF Online, dll.

Apa itu Pay to Play (P2P)?

Game Pay to Play adalah kondisi dimana agar bisa memainkan game online ini diharuskan membayar terlebih dahulu. Sistem pembayarannya bisa berbagai macam, seperti cukup membayar sekali putus atau membayar dengan jangka waktu tertentu seperti jam, hari, minggu atau bulan.

Jika Anda mungkin masih ingat dahulu ada game online yang fenomenal Ragnarok dimana untuk memainkannya harus menggunakan voucher jam, hari, minggu atau bulan. Tetapi game online dengan sistem P2P jenis ini sudah tidak diminati lagi.

Beberapa game juga harus membayar terlebih dahulu sebelum memainkannya seperti game-game yang ada di Steam seperti DOTA2, Dead by Delight, dll.

Kelebihan P2P

  • Jarang dijumpai fake account atau akun kloningan.
  • Kualitas game diatas rata-rata baik dari sisi resolusi atau permainan.
  • Jarang ditemui cheat, bug, makro dan lainnya.

Kekurangan P2P

  • Tidak menjangkau semua kalangan pemain, termasuk anak-anak.
  • Pemain dalam game online tidak terlalu banyak.
  • Player harus melihat review game terlebih dahulu sebelum membeli gamenya.

Apakah F2P lebih baik dari P2W?

Tidak menutup kemungkinan adanya item eksklusif yang bisa dibeli melalui gatcha menjadi daya tarik player dan bisa menambah nilai dari game tersebut. Tidak mutlak F2P lebih baik dari P2W, khususnya game yang berbasis skill didalamnya maka P2W tidak terlalu berpengaruh disini. Tetapi untuk game genre mmorpg seperti Ragnarok atua RF Online top up dengan membeli item VIP memberi dampak yang signifikan dibandingkan dengan player F2P.

Intinya developer harus memberikan keseimbangan gap antara player F2P dan P2W. Khusus player P2P umumnya memiliki segmen pasar sendiri dan tidak bisa dibandingkan dengan F2P dan P2W.

Jadi, baik player F2P bisa menunjukkan kelasnya dengan menunjukkan skillnya. Tetapi untuk game genre MMORPG yang misinya untuk menaikkan level dan kemampuan karakter, player P2W disini akan sangat berjaya.

Posting Komentar untuk "Arti F2P, P2W dan P2P di Dunia Game"