Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Struk Belanja di Alfagift

Cara Melihat Struk di Alfagift

Ternyata cara melihat struk belanja di Alfagift sangatlah mudah. Tidak serumit yang orang-orang katakan, terutama bagi mereka yang baru menggunakan aplikasi online Alfagift untuk berbelanja di Alfamart.

Di era yang sekarang ini serba online, Alfamart telah melakukan inovasi yang memudahkan pelanggan untuk bisa belanja secara online dengan menggunakan aplikasi belanja online Alfagift.

Banyak kelebihan yang ditawarkan dengan menggunakan aplikasi belanjar Alfagift ini. mulai dari belanja dan pembayaran yang serba online, pesanan belanja bisa diantar ke rumah, informasi katalog promo Alfamart setiap harinya dan lebih menariknya adalah gratis ongkir dengan minimal belanjar Rp.35.000.

Alasan Pentingnya Menyimpan Struk Belanja

Saat belanja di Alfamart pernahkan mendapati struk belanja tersebut berada di tempat kasir atau mengambilnya kemudian membuangnya langsung ke tong sampah? Ternyata masih banyak yang menganggap struk belanja tidak berharga dan tidak layak untuk disimpan.

Ternyata struk belanja memiliki banyak fungsi dan sebaiknya disimpan atau dicatat. Saking pentingnya, struk belanja merupakan hak yang harus diterima pelanggan dan apabila Alfamart tidak memberikan struk belanja, maka belanjaan akan gratis. Saat ini kita bisa melihat struk belanja di Alfagift, baik itu belanja online ataupun offline (datang ke toko).

Seberapa pentingkah selembar struk belanja tersebut? Berikut ulasannya.

1. Mengetahui Pengeluaran

Dengan menyimpan struk belanja baik berbentuk fisik atau digital, mempermudah kita untuk mengetahui pengeluaran. Banyak keluarga yang berbelanja bulanan, mingguan atau harian untuk kebutuhan rumah tangga. Jika tidak dicatat atau dianalisa, hal ini dapat membuat pengeluaran membengkak. Bisa jadi kita membeli barang yang bukan merupakan kebutuhan tetapi harga yang mahal dan ini mempengaruhi keuangan kita.

2. Perbandingan Harga

Dengan memiliki struk belanjaan, kita dapat tahu perbandingan harga produk di toko yang berbeda. Terkadang di Alfamart yang sama, terdapat juga perbedaan harga yang signifikan. Kita harus jeli memilih tempat belanja yang benar-benar pas dan memastikan harga produk yang akan dibeli lebih murah dari tempat yang lain.

3. Bisa Digunakan Untuk Menukar Barang

Dengan memiliki struk belanja adalah bukti bahwa kita telah melakukan transaksi di Alfamart tersebut. Ada saatnya produk yang kita beli terdapat cacat atau habis masa berlakunya. Kita bisa menukarkan produk yang cacat atau expired tersebut dengan produk yang masih bagus. Walaupun terkadang terdapat tulisan barang yang dibeli tidak dapat ditukar, produk bisa ditukar jika kesalahan memang dari pihak Alfamart.

Baca juga : Cara Membatalkan Pesanan di Alfagift

4. Menghindari Kekeliruan

Struk belanja adalah bukti sah transaksi. Jika saat transaksi terdapat kesalahan harga atau salah produk, Kita bisa melakukan komplain dengan menunjukkan struk tersebut. 

Seringkali terdapat ketidaksamaan harga antara kasir dan etalase sehingga pembeli mengalami kerugian. Jika hal ini terjadi, bisa melakukan komplain langsung ke kasir dan jika tidak ditanggapi bisa melakukan keluhan melalui email atau telepon ke Alfamart pusat.

5. Bukti untuk Meminta Reimbursement

Untuk point ini, biasanya diperlukan untuk instansi, perusahaan atau kelompok masyarakat yang berbelanja tetapi tidak menggunakan uang pribadi. Struk belanja ini merupakan bukti pertanggung jawaban atas pengeluaran uang untuk membeli sesuatu. Atau penggantian uang saat membeli kebutuhan instansi, perusahaan atau kelompok masyarakat dengan menggunakan uang pribadi terlebih dahulu.

Struk Belanja Alfagift

Untuk mendapatkan struk belanja Alfagift, kita harus melakukan transaksi baik itu ke toko langsung atau menggunakan aplikasi belanja online Alfagift.

Agar struk belanja muncul di Alfagift saat berbelanja offline kita harus menunjukkan kartu member Alfagift atau memberikan informasi nomor telepon yang sudah terhubung di Alfagift ke kasir saat melakukan pembayaran.

Sedangkan untuk berbelanja online menggunakan Alfagift, struk belanja otomatis akan muncul di aplikasi. Untuk mengetahui cara melihat struk belanja di Alfagift bisa disimak penjelasannya dibawah ini.

Bagaimana Cara Melihat Struk Belanja di Alfagift 

Nah, sekarang adalah inti dari artikel ini. Untuk mengetahui cara melihat struk belanja di Alfagift, berikut caranya:

1. Pertama, download aplikasi Alfagift dan instal di HP Anda terlebih dahulu.

2. Buka dan jalankan aplikasinya

3. Pilih menu Lainnya, dibawah kanan layar

4. Kemudian pilih Daftar Pesanan Anda, diantara menu Dalam Proses dan Selesai, pilih Selesai.

5. Pilih salah satu transaksi yang dilakukan di Alfamart atau aplikasi Alfagift

6. Struk belanja akan terlihat secara detail dan sama seperti aslinya.

Cara Melihat Struk di Alfagift

Struk belanja Alfagift tersebut bisa Dibagikan menggunakan media sosial atau aplikasi chatting seperti WhatsApp atau bisa juga mengunduhnya untuk disimpan di HP.

Solusi Struk di Alfagift Tidak Muncul

Bagi pengguna Alfagift terkadang menemukan permasalahan struk di Alfagift tidak muncul. Kenapa bisa terjadi?

Hal ini bisa terjadi karena pengguna Alfagift mengaktifkan Go Green Campaign. Go Green Campaign adalah kampanye peduli lingkungan yang salah satunya adalah mengurangi pengeluaran kertas. Bisa jadi Go Green Campaign menyala setelah e-receipt di aktivasi.

Tetapi jika memang terdapat kendala, Anda bisa menunggu maksimal 3x24 jam setelah transaksi. Jika memang masih tidak muncul, Anda bisa menghubungi customer service Alfamart di :

  • Email: sahabat_alfamart@sat.co.id
  • Telp: 1500959
  • SMS: 08171111234

Nah, ternyata struk belanja di Alfamart cukup penting untuk kita simpan. Setidaknya panduan cara melihat struk belanja di Alfagift ini bisa membantu Anda untuk mengatur pengeluaran bulanan Anda.

Posting Komentar untuk " Cara Melihat Struk Belanja di Alfagift"