Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu CAPTCHA? | Jenis dan Contoh Kode CAPTCHA

Apa itu CAPTCHA  Jenis dan Contoh CAPTCHA

Apa itu CAPTCHA

CAPTCHA merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. CAPTCHA adalah alat atau tools yang digunakan untuk membedakan pengguna asli dan automated users, atau yang biasa kita sebut BOT. CAPTCHA menyediakan tantangan yang sulit dimengerti oleh komputer tetapi sangat mudah bagi orang. Beberapa contoh kode CAPTCHA adalah mengetikkan kata atau nomor, atau mengeklik di area yang ditentukan.

Fungsi CAPTCHA

CAPTCHA digunakan oleh semua website yang ingin membatasi penggunaan bot untuk mengakses websitenya. Lebih spesifiknya sebagai berikut:

1. Menjaga akurasi polling/voting - CAPTCHA dapat mencegah kecurangan polling atau voting dengan memastikan setiap suara yang masuk adalah manusia bukan bot. Meskipun tidak bisa membatasi jumlah polling atau voting yang masuk, setidaknya akan membuat waktu polling/voting lebih lama dan tentunya akan mengurangi kemungkinan suara ganda dalam memilih.

2. Membatasi layanan registrasi - fungsi CAPTCHA yang lain adalah membatasi bot untuk melakukan registrasi masal yang digunakan untuk membuat fake account atau akun palsu. Pembatasan pembuatan akun ini juga dapat mengurangi peluang akan penipuan.

3. Mencegah inflasi harga tiket - penggunaan CAPTCHA dalam sistem penjualan tiket dapat membatasi calo membeli tiket dalam jumlah besar dan dijual kembali. CAPTCHA juga bisa mencegah pendaftaran palsu untuk ke acara gratis yang diakses dalam sebuah website.

4. Mencegah komentar palsu - CAPTCHA dapat mencegah bot melakukan spam komentar di kolom komentar, kolom pesan atau ulasan pada sebuah situs.

Bagaimana Cara Kerja CAPTCHA 

Cara kerja CAPTCHA yaitu menyediakan informasi kepada pengguna berupa interpretasi atau tafsiran. Salah satu jenis CAPTCHA menyediakan huruf dan angka yang terdistorsi atau tumpang tindih yang kemudian harus ditafsirkan dalam sebuah kolom yang telah disediakan. Distorsi huruf atau huruf yang tumpang tindih akan membuat bot sulit untuk menafsirkan dan membuat bot gagal mengakses ke website tersebut.

Bot seringkali hanya dapat mengikuti pola yang ditetapkan atau memasukkan karakter secara acak. Keterbatasan ini yang membuat bot tidak mungkin bisa menebak dengan tepat kombinasi huruf dan angka yang benar

Sejak CAPTCHA dikenalkan, bot yang menggunakan machine learning terus dikembangkan. Beberapa dari mereka bisa mengidentifikasi CAPTCHA dengan algoritma yang terlatih dalam pengenalan pola. Dengan ini CAPTCHA dituntut untuk melakukan pengembangan dengan metode lebih baru dan kompleks. Contoh terbaru adalah reCAPTCHA dimana mengharuskan untuk mengklik area tertentu dan menunggu hingga penghitung waktu habis.

Kekurangan Menggunakan CAPTCHA

CAPTCHA sangat efektif untuk melawan bot dan menjanjikan pengunjung website adalah orang asli. Namun, mekanisme CAPTCHA dapat berdampak negatif terhadap pengunjung di website Anda.

  • Mengganggu dan membuat frustasi bagi pengunjung
  • Mungkin akan sulit dipahami atau digunakan untuk beberapa pengunjung
  • Beberapa jenis CAPTCHA tidak mendukung semua browser
  • Beberapa jenis CAPTCHA tidak dapat diakses oleh device/perangkat tertentu

Jenis-Jenis Contoh Kode CAPTCHA

Saat ini jenis contoh kode CAPTCHA terbagi menjadi tiga kategori utama, yaitu text-based, image-based dan audio.

A. Text-based CAPTCHA

Text-based CAPTCHA adalah cara original untuk memverifikasi penggunanya bukan robot. CAPTCHA ini menggunakan kombinasi acak huruf dan angka yang disusun hingga menyerupai kata atau frasa. Beberapa Text-based CAPTCHA juga menyertakan variasi kapitalisasi.

CAPTCHA jenis ini menyajikan karakter-karakter yang unik dan membutuhkan interpretasi. Keunikannya seperti skala, rotasi atau distorsi karakter. Ditambahkan keunikan lain seperti karakter yang tumpang tindih dengan elemen grafis seperti warna, latar belakang, garis atau titik. Keunikan karakter ini membuat bot kesulitan untuk menafsirkan kode CAPTCHA yang dimaksud.

apa itu CAPTCHA

Teknik untuk membuat Text-based CAPTCHA meliputi:

  • Gimpy - Memilih jumlah kata yang berubah-ubah dengan berbagai distorsi kata
  • EZ-Gimpy - Merupakan variasi dari Gimpy, dimana hanya menggunakan satu kata
  • Gimpy-r - Memilih huruf secara acak, kemudian menyusunnya menjadi sebuah karakter dengan penambahan distorsi pada huruf dan background noise.
  • Simard's HIP - Memilih secara acak huruf dan angka, kemudian disusun berdasarkan warna

B. Image-based CAPTCHA

CAPTCHA jenis ini merupakan perkembangan dari jenis text-based. CAPTCHA ini menggunakan elemen grafis yang dapat dikenali, seperti foto hewan, kendaraan, pemandangan, bentuk rumah dan sebagainya. Biasanya, CAPTCHA image mengharuskan pengguna untuk memilih gambar yang cocok dengan tema atau untuk mengidentifikasi gambar yang tidak sesuai.

Berikut adalah contoh kode CAPTCHA image.

Pola Text-based CAPTCHA

CAPTCHA image biasanya lebih mudah bagi manusia untuk menafsirkan daripada text-based. Namun, CAPTCHA image menghadirkan masalah aksesibilitas yang berbeda untuk pengguna tunanetra. Bagi bot, CAPTCHA berbasis gambar lebih sulit daripada text untuk ditafsirkan. Karena membutuhkan pengenalan gambar dan algoritma yang lebih baik.

C. Audio-based CAPTCHA

CAPTCHA Audio dikembangkan sebagai alternatif yang memberikan aksesibilitas ke pengguna tunanetra. CAPTCHA ini sering digunakan dalam kombinasi dengan CAPTCHA berbasis teks atau gambar. Audio CAPTCHA menyajikan rekaman audio dari serangkaian huruf atau angka yang kemudian disebutkan oleh pengguna.

D. No CAPTCHA ReCAPTCHA

Pola Text-based CAPTCHA

CAPTCHA jenis ini cukup dikenal oleh pengguna Google. reCAPTCHA jauh lebih mudah bagi pengguna daripada kebanyakan jenis CAPTCHA lainnya. Cukup centang kotak yang disediakan bertuliskan "Saya bukan robot" saja. Sistem akan mengidentifikasi apakah aktivitas pengguna merupakan manusia atau bot. Jika pengujian gagal, reCAPTCHA menyediakan image-based CAPTCHA untuk diuji kembali.

Kesimpulan

CAPTCHA merupakan tools atau alat yang berfungsi untuk membedakan pengguna atau pengunjung sebuah website orang asli atau robot. Perlindungan terhadap spam, fake akun dan penipuan dengan adanya CAPTCHA ini. 

Dengan membaca ulasan lengkap mengenai apa itu CAPTCHA dan jenis-jenis CAPTCHA, kami harap Anda semua sudah paham mengenai cara kerja CAPTCHA itu sendiri. Semoga membantu.

Posting Komentar untuk " Apa itu CAPTCHA? | Jenis dan Contoh Kode CAPTCHA"