Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Menaikkan Level Smelting F2P Ragnarok x Next Generation

Cara Cepat Menaikkan Level Smelting F2P Ragnarok x Next Generation

Smelting di Ragnarok X Next Generation adalah fitur Life Skill dimana kalian bisa menempa atau mengupgrade barang sesuai dengan levelnya. 

Disclaimer saja, saat ini di server ragnarok x next generation rata-rata levelnya 50. Ini akan berlaku seterusnya mengikuti rata-rata level player kebanyakan. Yang perlu diperhatikan adalah level para sultan, karena para sutan inilah yang akan membeli equip atau barang yang nantinya dijual.

Kenapa harus mengikuti level mayoritas player? Dikarenakan saat mereka sedang butuh-butuhnya memiliki equipment dan jika lewat dari waktunya harga item atau equipment akan turun dan bahkan tidak akan laku lagi. Lalu bagaimana cara menaikkan level Smelting bagi player F2P ?

Cara Cepat Menaikkan Level Smelting F2P Ragnarok X Next Generation

Player F2P sudah pasti akan lebih lambat perkembangan dibandingkan player P2W yang terus top up dan membeli barang yang dibutuhkannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Gunakan Equip Putih

Karena equip putih adalah equip paling murah. Karena misi kalian adalah untuk meningkatkan level smelting, maka kalian tidak akan menggunakan item biru dan cukup menggunakan equip putih.

2. Manfaatkan Daily Instanse

Jadi setiap hari kalian akan mendapatkan daily instanse. Di daily instanse ini kalian bisa mendapatkan valkyrie coin dan mendapatkan bahan untuk membuat equip level 50.

3. Menjual Equip Level 50 (Contoh) 

Untuk membuat Equip level 50 membutuhkan bahan yang tidak sedikit. Para sultan biasanya tidak mau repot-repot untuk mengumpulkan bahan dan biasanya langsung membeli equip level 50. Disinilah kesempatan kamu untuk bisa menjual equip level 50 dan meningkatkan level Smelting.

Bagi para sultan yang membutuhkan equip biru, biasanya akan langsung membeli tanpa pikir panjang. Kalian bisa menjualnya di exchange dengan harga paling tinggi dipasaran.

4. Menjual Valkyrie Coin

Banyak juga para sultan yang mencari valkyrie coin, tetapi untuk menjual valkyrie coin saat ini saingannya sangat banyak. Tetapi jika kalian memang berniat untuk menjualnya dan tidak ada niatan untuk memakainya, kalian masih bisa menjual valkyrie coin.

Disaat harga valkyrie coin sedang bagus lebih baik dijual saja, karena dengan banyaknya permintaan dan mudahnya cara untuk mendapatkannya. Harga valkyrie coin akan menurun berdasarkan waktu.

Cara untuk mendapatkan valkyrie coin selain disebutkan melalui fitur daily instanse seperti diatas, kalian juga bisa mendapatkannya dengan melawan minibos dan MVP setiap harinya.

Jatah harian untuk melawan minibos dan MVP kalian bisa mendapatkan 3 valkyrie coin.

5. Menjual Mini Coin

Bagi kalian yang memang F2P sebaiknya menjual semua mini coin yang didapat. Karena para sultan banyak yang mencari mini coin. 

Bagi sultan, daripada mereka mengikuti biding yang harga gold diamondnya seharga ratusan ribu atau jutaan, lebih baik mereka melakuan gatcha menggunakan mini coin.

Mini coin digunakan untuk gatcha demi mendapatkan item-item seperti aksesoris dengan berbagai stats. Sayangnya item yang didapatkan dari gatcha dan tidak sesuai dengan job character kita tidak bisa dijual melalui exchange dan hanya bisa dilebur. Jadi bagi para player F2P lebih baik mini coin dijual, karena banyak yang cari.

Kapan Player F2P Memakai Equip Biru ?

Untuk player F2P memang harus lebih bersabar dibanding para sultan. Disaat para player rata-rata sudah mencapai level 60, maka harga equip biru level 50 akan murah dan saat inilah kalian membeli equip warna biru.

Tips Memanfaatkan Pasar Agar Lebih Cuan

Agar bisa bertahan kerasnya bertahan hidup di Ragnarok x Next Generation, kalian harus bisa memanfaatkan pasar dan mendapatkan modal.

Untuk memperkuat job characternya, setiap player pasti melengkapi job characternya dengan equip terbaik. Untuk mendapatkan equip yang baik terdapat dua pilihan, beli atau menempa.

Dikarenakan harga equip dengan kualitas bagus biasanya mahal, kebanyakan para player termasuk sultan lebih memilih untuk menempa. Sedangkan bahan utama untuk menempa adalah Enriched Elunium dan bahan ini paling banyak dicari. Selain itu Sultan juga membutuhkan Enriched Brodium untuk aksesoris dan Enriched Oridecon untuk senjata.

Saran saya, sering-seringlah melihat pasar dan melihat item mana yang lagi sedikit dijual. Jika memang 3 item yang banyak dicari diatas dikit di pasaran, kalian bisa crafting menggunakan bahan dasar dengan membelinya terlebih dahulu jika belum meilikinya. Jika sudah di crafting, maka kalian bisa menjualnya dengan harga dipasaran.

Cara mendapatkan untung dari pasar adalah cek harga terendah dari pasar. Misal harga Enriched Elunium adalah 15.000, untuk membuatnya kita membutuhkan bahannya 7 buah rough elunium lv.2 dan 9 buah starlight smelt. Harga rough elunium satunya 650 dan starlight smelt 800. Jadi modal yang dibutuhkan adalah 11.750, dengan menjual Enriched Elunium seharga 15.000 maka kita akan mendapatkan keuntungan 3.250 sebelum pajak setiap penjualan Enriched Elunium.

Nah dengan cepat naiknya level Smelting kalian, maka kalian akan cepat mendapatkan crystal di ragnarok x next generation.

Dengan panduan ini, semoga para F2P bisa menaikkan dengan cepat level smelting mereka di Rangarok x Next Generation.

Posting Komentar untuk " Cara Cepat Menaikkan Level Smelting F2P Ragnarok x Next Generation"