Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Link Waktu di Deskripsi atau Komentar Youtube

Cara Membuat Link Waktu di Deskripsi atau Komentar Youtube

Istilah cara membuat link waktu di deskripsi atau komentar youtube biasa disebut Timestamp. Dengan memberikan link waktu dapat membantu penonton untuk menonton bagian penting atau sekedar mengomentari bagian video yang di highlight.

Youtube memberikan fitur link waktu (timestamp) untuk membuat channel lebih interaktif. Baik penonton maupun pembuat channel Youtube bisa saling memberikan informasi terkait tayangan Youtube pada waktu tertentu. Sehingga pada waktu itu mendapat perhatian lebih.

Tentunya dengan mengeklik URL link waktu adalah cara yang lebih efektif daripada harus melakukan skip berulang untuk mengetahui konten yang dimaksud. Bagi pengguna HP pasti sedikit kesulitan jika harus terus menggeser waktu hanya untuk mencari informasi penting dari konten tersebut.

Fungsi Link Waktu (Timestamp) Youtube

Tentunya dengan membuat link waktu di deskripsi atau komentar kita dapat menghemat waktu untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Berikut adalah contoh fungsi dari penempatan link waktu (timestamp) baik di deskripsi atau komentar Youtube 

A. Deskripsi Youtube

Pemberian link waktu di deskripsi bertujuan untuk memberikan informasi kepada penonton mengenai daftar isi dari konten video Youtube. Jika berisi panduan belajar, penonton tidak perlu repot-repot untuk mengulang dari awal tetapi cukup klik link waktu untuk mendapatkan poin-poin yang dimaksud. Beberapa contoh penggunaan link waktu di deskripsi Youtube adalah:

  • Langkah-langkah tutorial
  • Playlist lagu/murottal
  • Daftar artis
  • Daftar goal sepakbola
  • Informasi momen penting
  • Dll.

B. Komentar Youtube

kebanyakan komentar diisi oleh penonton konten video Youtube tersebut. Pemberian link waktu ditujukan berbagi antar sesama penonton atau pemilik konten Youtube bahwa di waktu tersebut terdapat momen penting.

Jika sering melihat komentar di Youtube sering kali kita mendapati komentar seperti ini "Coba lihat 07.30 ada penampakan" atau "RRQ Albert Savage di 12:21 ngeri bet".

Dengan adanya link waktu tersebut penonton dapat langsung melihat momen atau informasi penting pada waktu tersebut tanpa harus menonton dari awal. Hal ini tentutnya dapat mempersingkat waktu untuk mendapatkan poin dari konten Youtube tersebut.

Cara Membuat Link Waktu di Deskripsi Youtube

Cara Membuat Link Waktu di Deskripsi Youtube

Hanya pemilik channel Youtube yang bisa membuat link waktu di deskripsi Youtube. Caranya cukup mudah, yaitu dengan melihat menit berapa saja informasi yang ingin dibagikan dan menuliskan dengan format dibawah ini di bagian deskripsi konten video channel Youtube.

mm:ss atau minute:second atau 06:30

Dengan mengetikkan seperti contoh diatas 06:30, secara otomatis Youtube akan mengganti warna 06:30 menjadi biru yang merupakan link aktif dan jika di klik akan langsung menuju menit 6 detik 30 di video Youtube tersebut.

Cara Membuat Link Waktu di Komentar Youtube

Cara Membuat Link Waktu di  Komentar Youtube

Penonton bisa membagikan link waktu untuk menandai ada kejadian lucu, sedih, gembira, takut, atau penasaran pada waktu tersebut. Cara yang sama dilakukan seperti link waktu di deskripsi. Formatnya sama seperti dibawah ini.

mm:ss atau minute:second atau 06:30

Siapapun yang mengeklik 06:30 akan dialihkan di konten video tersebut pada menit 6 dan detik 30.

Cara Membuat Link Waktu Youtube yang Bisa di Share

Untuk berbagi momen unik menggunakan link waktu di berbagai media sosial selain Youtube, bisa menggunakan cara ini.

  • Pilih waktu yang akan dibagikan
  • klik kanan, pilih Copy video URL at current time
  • Contoh: https://youtu.be/lEN-CpMv4GI?t=2751

Cara Membuat Link Waktu Youtube yang Bisa di Share

Ada penambahan ?t=2751 dibelakang URL video yang berarti 2751 detik atau 45:51. Mereka nanti yang membuka tautan URL video akan dialihkan langsung pada menit 45 dan detik 51 tanpa harus melihat video Youtube tersebut dari awal.

Baca juga :  Cara Menambahkan Link Media Sosial (FB, IG & Twitter) di Channel Youtube

Secara default jika kita copy video URL akan ada penambahan ?t=2751, tetapi bisa juga diketik tanpa harus copy URL. Seperti ini contohnya. 

https://youtu.be/lEN-CpMv4GI?t=45m51s.

Jadi, mudah bukan untuk menambahkan link waktu di deskripsi atau komentar Youtube. Dengan adanya fitur ini dari Youtube membuat Youtuber dan penontonnya saling interaktif dan informatif untuk saling memberikan informasi baik di deskripsi atau kolom komentar.

Posting Komentar untuk " Cara Membuat Link Waktu di Deskripsi atau Komentar Youtube"