Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Butuh Backlit Keyboard Laptop?

Apa itu Backlit Keyboard

Saat berencana untuk membeli laptop baru ada beberapa hal yang diperhatikan. Saking banyaknya spek, seperti hard drive, processor dan display juga harus dievaluasi.

Dalam hal estetika, ada kalanya saat kita ingin membuat klien tertarik dengan presentasi kita, terkadang yang kita butuhkan adalah laptop yang membuat kita tampak terlihat profesional.

Ketika kita membeli laptop baru, seringkali kita terlalu memperhatikan spek hardware sehingga melupakan spek keyboard itu sendiri.

Hal ini penting, karena kita lebih sering bersentuhan dengan keyboard daripada komponen lain dari laptop.

Keyboard yang bagus sangat penting untuk kenyamanan dan kesuksesan Anda

Jadi, apa yang membuat keyboard itu bagus ? Salah satunya memiliki backlit keyboard.

Apa itu Backlit Keyboard?

Backlit keyboard adalah keyboard yang terdapat cahaya dibawah tombolnya. Backlit menerangi huruf, angka dan simbol pada tombol keyboard untuk membuatnya terlihat di area yang redup atau pencahayaan yang minim. Tampilan pada tombol keyboard semi transparan, sehingga dengan adanya cahaya backlit membuat huruf dan angka pada tombol keyboard lebih jelas terbaca.

Umumnya backlit juga menerangi area sekitar tombol yang membuat semakin meningkatkan visibilitas keyboard. Sebagian besar keyboard yang memiliki backlit memungkinkan kita untuk menyesuaikan tingkat kecerahannya.

Kebanyakan lampu backlit keyboard memancarkan cahaya putih. Tetapi tidak menutup kemungkinan memancarkan warna lain juga, untuk backlit keyboard dengan warna lain sebagian besar ditemukan di laptop gaming. 

Backlit Keyboard Versus Standard Keyboard

Hanya sedikit perbedaan antara backlit keyboard dan standard keyboard, yang paling mencolok adalah backlit keyboard akan bercahaya dalam kegelapan.

Keyboard memang dibuat dalam berbagai ukuran, konfigurasi dan build yang berbeda, tetapi ini bukan patokan apakah keyboard memiliki backlit. Baik membrane keyboard dan mechanical keyboard sama-sama dapat dibuat menggunakan backlit keyboard. Juga, saat ini backlit keyboard sudah terintegrasi ke keyboard desktop dan keyboard laptop.

Tentu saja kualitas sebuah keyboard tidak ditentukan dengan memiliki backlit keyboard atau tidak. Beberapa keyboard juga lebih mengutamakan fungsi dan digunakan khusus untuk aplikasi tertentu.

Manfaat dari Backlit Keyboard

Backlit keyboard adalah hal yang penting pada sebuah laptop dikarenakan fungsi awal diciptakan laptop itu sendiri, yaitu mobile. Jika kita menggunakan laptop diluar kantor, ada kemungkinan tiba-tiba kehilangan akses cahaya. Dalam hal ini backlit keyboard sangat diperlukan.

Berikut adalah kondisi yang sering dialami saat membutuhkan backlit keyboard:

1. Penggunaan di rumah

Pada saat bekerja atau mengerjakan tugas sekolah di rumah mungkin akan sedikit jengkel jika ada pemadaman listrik. Mungkin pencahayaan sedikit terbantu dengan cahaya dari layer monitor, tetapi jika ada cahaya dari backlit keyboard akan sangat membantu.

Atau, saat berbaring di kamar dengan cahaya yang redup dan ingin menonton film di Netflix, backlit keyboard dapat membantu untuk mengetik judul di kolom pencarian.

2. Penggunaan di Transportasi Umum

Terkadang untuk menghabiskan waktu dalam perjalanan, kita mengeluarkan laptop untuk sekedar  browsing, nonton Youtube atau bermain game. Keyboard yang memiliki fitur backlit berguna saat dalam penerbangan atau saat bepergian dimalam hari dengan mobil atau kereta api.

3. Kerja Lapangan

Backlit keyboard sangat membantu jika bekerja di lapangan, terutama jika bekerja di malam hari. Misalnya, seorang teknisi jaringan yang harus memerika jaringan internet yang putus pada malam hari, mereka membutuhkan sedikit pencahayaan agar dapat terus bekerja. Backlit keyboard merupakan kebutuhan untuk pekerjaan mereka.

Backlit Keyboard Gaming

backlit keyboard gaming

Kebanyakan laptop gaming memilki backlit keyboard yang tidak biasa. Laptop gaming HP Omen misalnya, laptop gaming ini memiliki backlit keyboard berwarna merah. Fitur ini Sebagian besar untuk bergaya saja, dengan backlit keyboard berwarna-warni akan menciptakan kesan futuristik yang menciptakan rasa hype saat bermain game.

Backlit Keyboard Berzona (Zoned Backlighting)

zoned backlit keyboard

Saat ini keyboard gaming memiliki banyak variasi dan memiliki beberapa warna backlit sekaligus, seperti merah, biru atau hijau.

Zoned backlit ini dapat menetapkan warna lampu backlit berbeda ke tombol tertentu. Misalnya, seorang gamer PC menetapkan lampu backlit putih untuk tombol Gerakan (tombol WASD dan tombol panah), dan lampu backlit merah untuk tombol item (tombol ZXC). Saat tombol keyboard berwarna berbeda, tentunya akan meningkatkan visual untuk lebih cepat menekan tombol.

Beberapa zoned backlit dilengkapi dengan konfigurasi backlit yang ditentukan sebelumnya. Hal ini memungkinkan untuk dapat memilih warna cahaya dan tombol mana pun yang disukai.

Backlit Keyboard untuk Creative Professional

Kita bisa menggunakan backlit keyboard untuk creative applications, seperti editing software video. Hal ini sama seperti gamer PC menggunakan backlit untuk menandai gaming control mereka, bagi video editor mungkin menggunakan backlit keyboard untuk menandai keyboard shortcuts dalam aplikasi yang sedang mereka kerjakan.

Jadi, backlit keyboard membantu creative professional untuk mempertahankan alur kerja yang cepat, dimana saat ini industri kreatif membutuhkan sistem kerja yang cepat.

Backlit Keyboard dapat di instal di Laptop?

Jika laptop kamu tidak memiliki backlit keyboard, rasanya mustahil untuk bisa menginstal di laptop kecuali kamu adalah computer engineer. Untuk memasang backlit di keyboard, laptop kamu tidak hanya membutuhkan perangkat komponen yang tepat, tetapi juga membutuhkan programming yang benar.

Jika memang laptop yang dimiliki sekarang tidak memiliki backlit keyboard, saya sarankan untuk membeli keyboard external dengan backlit keyboard. Atau jika memiliki dana lebih bisa membeli laptop yang memiliki backlit keyboard.

Posting Komentar untuk " Mengapa Butuh Backlit Keyboard Laptop?"