Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa itu ACU Nimo TV

Mengenal Apa itu ACU Nimo TV

Bagi streamer ada dua target yang harus dipenuhi saat live streaming, yaitu WHR dan ACU. Jika sebelumnya telah dibahas apa itu WHR, kali ini kita akan membahas apa itu ACU Nimo TV.

Apa itu ACU Nimo TV

ACU atau Average Concurrent Users adalah rata-rata viewers yang menonton berasamaan saat sedang live streaming di Nimo TV.

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, untuk menentukan Tier streamer Nimo TV adalah menjaga batas minimum ACU dan WHR. Semakin tinggi tier streamer maka semakin tinggi juga batas minimum ACU dan WHR.

Berikut adalah batas minimum ACU, WHR dan follower baru di setiap Tiernya.

Mengenal Apa itu ACU Nimo TV

Streamer bisa mempertahankan Tier selama masih menjaga batas minimum ACU dan WHR. Streamer juga bisa naik Tier jika jumlah viewers terus naik di setiap live streamingnya. 

Apabila tidak bisa mempertahankan jumlah viewers atau ACU di setiap live streaming, maka streamer akan turun Tier dan tentunya turun juga penghasilan.

Untuk menjaga dan menaikkan rata-rata jumlah penonton Nimo TV, bisa ikuti beberapa cara dibawah ini.

Cara Meningkatkan ACU (Average Concurrent Users) Nimo TV

Ada dua jenis untuk meningkatkan jumlah penonton saat live, yaitu white hat dan black hat. White hat adalah cara meningkatkan ACU secara organik atau penontonnya asli. Sedangkan Black hat adalah cara menambah jumlah viewers dengan cara instan tetapi tidak disarankan. Contohnya menggunakan jasa viewers, SPAM, clonning, BOT, clik bait dan lain sebagainya.

Lebih baik untuk meningkatkan ACU secara bertahap bersamaan dengan naiknya popularitas. Berikut adalah cara menaikkan jumlah viewers secara organik saat live streaming.

1. Interaksi dan Reaksi

Menjadi streamer tidaklah mudah, streamer harus menjaga engagment agar viewers tidak kabur karena bosan.

Memainkan game membutuhkan konsentrasi yang tinggi, disini streamer dituntut untuk terus berinteraksi dan memberikan reaksi kepada viewers.

Bahkan, viewer rela untuk memberikan gift roket di Nimo TV hanya untuk mendapatkan atensi dari streamer idola mereka walaupun hanya disebutkan namanya dan ucapan terimakasih saja.

Berusaha membaca komentar dari viewers di kolom chat juga membuat viewers dihargai. 

Bermain game terlalu fokus dan banyak diam juga membuat live streaming tidak menarik. Usahakan disetiap momen saat live streaming diungkapkan. Reaksi seperti sedih, tertawa, semangat, marah dan lainnya selalu ditunggu viewers. 

Bahkan, banyak reuploader Youtube yang kerjaannya hanya memotong klip momen reaksi streamer memiliki viewers jutaan.

Hal ini membuktikan, reaksi dari streamer idola adalah hal yang ditunggu oleh para viewers.

2. Memberikan jadwal live streaming

Memberikan jadwal live steraming sangat membantu untuk meningkatkan ACU. Banyak juga yang rela meluangkan waktunya, hanya untuk menunggu streamer idola mereka live streaming. Karena rata-rata streamer hanya melakukan live streaming 2-3 jam perhari saja.

3. Live streaming di waktu prime time

Viewers juga memiliki aktivitas rutin seperti bekerja atau sekolah. Di waktu prime time inilah banyak viewers yang tidak beraktivitas dan memilih untuk menggunakan waktunya untuk menonton sesuai yang menghibur sebagai pelepas lelah.

Waktu prime time Nimo TV adalah pukul 6 sore hingga 12 malam. Kamu hanya cukup meluangkan waktu 2-3 jam tiap harinya untuk memenuhi target WHR dan ACU Nimo TV.

4. Bentuk komunitas Nimo TV

Game populer di Nimo TV adalah Mobile Legends dan PUBG. Berbaur sesama streamer Nimo TV memberikan keuntungan satu sama lainnya. Secara tidak langsung, ini adalah cara promosi channel terbaik.

Masing-masing streamer memiliki viewersnya masing-masing. Jika para streamer kolaborasi maka viewer akan mengenal streamer lain dan akan tetap menontonnya saat streamer idolanya off stream.

5. Mabar dengan Viewers

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan ACU adalah membuat group mabar dan bermain bersama mereka secara bergantian. Walaupun game mobile legends atau PUBG adalah game kompetitif yang harus memenangkan team kita, mabar dengan viewers sifatnya lebih cari having fun.

6. Giveaway

Memberikan giveaway diakhir live streaming juga bisa menambah jumlah penonton. Tentunya dengan syarat memfollow, komen dan tetap menonton live streaming.

Tetapi cara ini tidak bisa dipakai selamanya, kecuali jika streamer tersebut memiliki modal yang kuat.

7. Manfaatkan semua media sosial

Media sosial seperti facebook, instagram dan twitter sangat efektif untuk mempromosikan channel live streaming. Berikan viewers notifikasi jadwal live streaming dan terus posting hal-hal yang menarik tentang gaming, real life atau apapun itu untuk menggaet viewers baru.

Catatan: WHR dan ACU hanya berlaku saat mendapatkan kontrak streaming ekslusif atau adanya event streamer.

Dengan menerapkan 7 langkah diatas, para streamer diharapkan dapat mengerti apa it ACU dan meningkatkan ACU di Nimo TV. Dengan begitu, streamer bisa mempertahankan tiernya atau mencapai top tier hanya dengan 3 jam live streaming setiap harinya.

Posting Komentar untuk " Mengenal Apa itu ACU Nimo TV"