Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Keamanan Perangkat Android dari Ancaman Virus dan Malware

Tips Menjaga Keamanan Perangkat Android dari Ancaman

Munculnya sistem operasi Google Mobile, Android telah membantu banyak pengguna di era mobilitas, membuat smartphone menjadi hal yang umum yang bisa dimiliki semua orang - tanpa terkecuali digunakan hanya untuk orang-orang kaya. Revolusi ini memiliki dampak positif terhadap kelangsungan kehidupan banyak orang. Tetapi hal ini juga hadir dengan sisi gelap. Ancaman keamanan perangkat Android semakin meningkat jumlahnya, bagi mereka yang mengabaikan ancaman yang sedang berkembang ini, mereka akan mempertaruhkan privasi, keamanan dan keuangan mereka. Lantas, bagaimana cara menjaga keamanan perangkat Android dari ancaman virus ?

Apa itu Ancaman Perangkat Android ?

OS Android sangat rentan terhadap ancaman malware. Malware Android terdiri hanya 24 persen dari semua ancaman malware seluler pada tahun 2010, hingga saat ini ancaman malware pada perangkat Android mencapai 90 persen.

Android adalah open platform yang dimana dapat diakses dari berbagai pihak, tentunya menjadi target ideal bagi pembuat malware. Sebagian besar, malware dibuat untuk mencari keuntungan. Sekitar 75 persen melalui software berbahaya dengan mengelabui pengguna dengan mengirim teks ke layanan premium dengan harga yang cukup murah. Tetapi berdampak sangat serius bagi si pengguna.

Tetapi, tidak semua malware dirancang untuk mengamil uang dengan cepat. Beberapa program digunakan untuk mendapatkan informasi pribadi, termasuk hal-hal seperti password perbankan, tren penelusuran, lokasi gografis dan data pribadi lainnya. Informasi ini dapat digunakan untuk mencuri dari pengguna secara langsung atau data informasi pribadi tersebut dijual dengan kegunaan yang berbeda.

Ini semua menggambarkan OS Android sebenarnya cukup menakutkan. Tetapi bukan berarti kita secara terbuka menerima ancaman perangkat Android begitu saja. Dengan mengikuti beberapa langkah yang cukup sederhana, Anda dapat melindungi perangkat Anda dari software yang berbahaya, sehingga dapat mengakses fitur-fitur Android tanpa ada kekhawatiran yang membahayakan informasi Anda.

Cara Menjaga Keamanan Perangkat Android dari Ancaman

Berikut ini adalah tips menjaga keamanan perangkat Android dari ancaman.

1. Selalu Up to Date

Memperbarui software keamanan seluler bukan hanya untuk mendapatkan fitur yang disempurnakan dan kecepatan yang lebih baik, Google dan perusahaan perangkat seluler Anda terus melakukan perbaikan dalam setiap update. Dengan mengupdate OS dan software keamanan menggunakan versi terbaru dapat melindungi lebih dari tiga perempat malware diluar sana, jadi pastikan untuk melakukan update secara rutin dan mengunduhnya jika tersedia.

2. Hindari Download dari Situs Third-Party

Beragamnya ketersediaan aplikasi Android adalah salah satu fitur yang menarik orang ke platform ini, dan Android membuat cukup mudah untuk menginstal aplikasi selain dari official app store. Meskipun ada beberapa aplikasi menarik diluar sana yang tidak tersedia melalui Google App Store, ini adalah cara yang paling sering untuk memasukkan malware ke perangkat Anda. Google melakukan scan terhadap semua aplikasi di app store resminya untuk mencari jejak malware yang jelas dan berhasil menghentikan sebagian besar dari mereka menjangkau konsumen. Third-party app store belum tentu memiliki perlindungan ini, dan pembuat malware mengetahui hal ini.

3. Perhatikan Izin Akses ke Perangkat

Kebanyakan orang hanya mengklik secara asal melalui bagian izin saat menginstal aplikasi baru, tetapi ini adalah salah satu cara untuk menemukan potensi ancaman. Game yang baru di download menghabiskan banyak waktu untuk mengakses ke sistem file Anda, tetapi tentu saja tidak memerlukan akses ke pesan teks atau lokasi Anda. Saat memasang aplikasi, baca bagian izin sebelum menyetujui persyaratan aplikasi, dan jika aplikasi meminta izin untuk sesuatu yang tampak aneh, jangan pasang.

4. Hindari Free Wi-Fi

Siapa yang tidak suka gratisan ? Wi-Fi publik gratis dalam banyak hal merupakan berkah karena menyediakan koneksi internet cepat untuk perangkat Anda tanpa biaya sepeser pun. Tetapi koneksi yang tidak aman ini dapat menjadi bencana bagi informasi pribadi Anda. Peretas atau pencuri dapat terhubung ke Wi-Fi gratis sama mudahnya dengan Anda, dan begitu Anda berdua berada di jaringan yang sama. Mereka dapat dengan mudah melihat hampir smua informasi yang Anda kirim ke internet. Untuk keamanan WiFi, yang terbaik adalah tetap menggunakan koneksi aman, atau jika memungkinkan, gunakan koneksi dari perangkat smartphone Anda.

5. Menggunakan Software Keamanan

Cara terbaik untuk menjaga keamanan perangkat Android Anda adalah dengan menggunakan software keamanan khusus untuk terus mengscan perangkat Anda dan untuk memeriksa ancaman pada setiap aplikasi baru yang Anda pasang. Banyak penawaran antivirus seluler gratis diluar sana, tetapi kebanyakan hanyalah trojan atau virus yang menyamar. Jadi, pastikan menggunakan software keamanan perangkat yang sudah bermerk. Beberapa mungkin menetapkan biaya untuk layanan mereka yang terus diupdate, tetapi itu adalah harga kecil yang harus dibayar untuk keamanan sebenarnya. Sebagian aplikasi keamanan ini dilengkapi dengan uji coba gratis, sehingga Anda dapat mencobanya sebelum melakuan pembelian, dan yang terbaik bahkan dapat melindungi PC Anda, begitu juga beberapa perangkat Android yang terhubung bersamaan.

Ancaman pada perangkat Android mungkin mengintimidasi, tetapi untuk bertindak cerdas dalam menggunakan perangkat Anda adalah langkah pertama terbaik untuk melindungi diri Anda sendiri. Dengan memiliki kecerdasan saja tidak cukupm solusi keamanan smartphone yang terus diupdate adalah pilihan terbaik untuk tetap aman di dunia mobile smartphone.

Posting Komentar untuk " Tips Menjaga Keamanan Perangkat Android dari Ancaman Virus dan Malware"