Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saweria: Platform Donasi Content Creator

saweria

Saweria.co merupakan alternatif bagi content creator, youtuber atau selebgram untuk menghasilkan uang. Kebanyakan mereka sudah puas dengan pendapatan hanya dari Google Adsense atau endorse. 

Padahal dengan saweria, mereka bisa mendapatkan uang lebih secara langsung dari viewers yang sedang menonton konten mereka. Walaupun sedang offline, mereka tetap bisa mendapatkan uang tambahan dari Saweria.

Bagi platform streaming yang sudah menyediakan fasilitas gift, tentunya tidak perlu repot untuk menggunakan fasilitas dari Saweria.co ini. Tetapi bagaimana dengan platform lain seperti Youtube, Twitch atau Instagram ? 

Youtuber setidaknya masih terbantukan dengan Google Adsense, sedangkan para creator di Twitch dan Instagram harus mempromosikan produk atau endorse di konten mereka.

Jangan salah, terkadang donasi satu live streaming bisa mengalahkan hasil Google Adsense satu bulan. Baru-baru ini seorang Youtuber trader Doni Salmanan mendonasikan Rp 1 Milyar kepada Youtuber gaming Reza Arab saat sedang live stream. Gimana menurut mu ?

Apa itu Saweria ?

Saweria adalah platform yang membantu viewers atau fans mengapresiasi karya dari content creator, youtuber atau selebgram idola mereka. Para penggemar secara suka rela mentraktir secangkir kopi secara virtual dan dengan begitu maka terjalin engagment yang kuat antara creator dan penggemar. 

Awalnya saweria ditujukan bagi para streamer, namun saat ini donasi bisa digunakan lebih luas seperti penulis, blogger, vlogger, donasi peduli, dll.

Saweria.co hadir untuk menghubungkan penggemar dengan creator idola mereka. Sebagai bentuk apresiasi penggemar, mereka memberikan "Saweran" dengan sisipan kalimat pesan untuk creator idola mereka. 

Kebanyakan creator idola mereka membaca pesan saweran yang terlintas di layar monitor mereka dan walaupun hanya disebutkan nama dan ucapan terimakasih, penggemar sudah senang dan merasa dekat dengan creator idolanya.

Saweria menggunakan solusi e-wallet lokal agar penggemar bisa berdonasi. Donasi bisa dengan metode pembayaran GoPay, OVO, DANA, LinkAja dan Barcode QRIS. Dana minimal untuk donasi adalah Rp.10.000 dan minimal pencairan jika sudah terkumpul Rp.50.000.

metode pembayaran saweria

Saweria Founder

Menurut salah satu co-founder Saweria Natalia, pada tahun 2019 PT Harta Tahta Sukaria (Saweria.co) berdiri dan dibuatlah platform layanan untuk membantu para content creator mendapat dukungan dari hasil karyanya. 

Walaupun secara data 90% pengguna saweria dikalahan streamer, tidak menutup kemungkinan dari ranah lain juga menggunakan Saweria seperti 3D Artist.

Apakah Saweria Terpercaya ?

Saat ini memang maraknya penipuan transaksi online. Menurut saya? Tidak tahu. Tetapi Saweria.co berani menampilkan nama PT di term mereka. Alamatnya juga ditampilkan jika ingin ditracking keberadaannya. Dalam Hal ini saweria ingin menimbulkan rasa kepercayaan menggunakan platform donasi ini.

Sampai saat ini belum ada berita miring mengenai Saweria perihal penipuan. Justru beberapa streamer sudah merasakan mencairkan dana dari nominal kecil hingga besar.

Dari sisi streamer, mereka mendapatkan data history transaksi secara detail di akun sawerianya. Dan dari sisi penggemar, mereka dapat melihat donasi mereka tampil di live streaming streamer idolanya. 

Jika rutin menyawer atau menyawer dengan nominal yang besar, nama mereka akan tampil di leaderboard donatur jika streamer memasang fitur ini. Jadi, apa salahnya di coba kan ?

Cara Kerja Saweria

Sistem kerja donasi saweria adalah penggemar berdonasi melalui tautan link atau barcode yang ditampilkan saat live streaming, blog, deskripsi Youtube atau apapun. Link tautan atau barcode harus didaftarkan  terlebih dahulu di situs Saweria.co.

Saat streamer menggunakan Saweria overlay maka penggemar akan mendapatkan notifikasi yang tampil di layar streamer.

Cara Kerja Saweria
YT:Tara Art Game Indonesia

Biaya Layanan

Bagi penggemar tidak ada biaya apapun untuk memberikan donasi. Tetapi setiap donasi yang masuk akan terpotong 5% (6% untuk OVO) sebagai biaya payment gateway dan operasional Saweria. 

Cara Daftar Saweria

1. Daftar akun Saweria. Pendaftaran akun cukup mudah. Cukup mengisi data email, maka link verifikasi akan dikirimkan ke email.

daftar akun saweria

2. Isi Registrasi Biodata Saweria. Isi username dan password kemudian tekan Daftar.

daftar akun saweria

3. Login Akun Saweria. Setelah mendaftar akan muncul tampilan Login. Masukkan email dan password kamu

saweria

4. Gunakan Saweria Overlay. Salah satu yang menarik orang untuk menggunakan Saweria adalah overlay. Dimana notifikasi akan muncul saat ada penggemar yang memberikan donasi. 

Untuk itu, atur overlay semenarik mungkin tetapi tidak over dan menutupi layar sehingga mengganggu. QR code, donasi, milestone, leaderboard dan running text donasi bisa diatur disini.

saweria overlay

5. Pasang link dan QR code Saweria. QR code sangat memudahkan penggemar untuk berdonasi, tetapi jika QR code tersebut menganggu saat live streaming lebih baik cukup memberikan deskripsi video Youtube. Menyisipkan link donasi di konten blog juga merupakan ide yang menarik.

qr donate saweria

Cara Mencairkan Saweria ?

Pencairan donasi yang masuk akan diproses melalui sistem Saweria terlebih dahulu. Proses konfirmasi oleh Payment Gateway (GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dll) memakan waktu kurang lebih 3 hari kerja. Setelah mendapatkan konfirmasi dari Saweria, saldo akan otomatis bertambah dan siap dicairkan.

Pencairan dapat dilakukan saat saldo donasi mencapai minimal Rp.50.000. Pencairan saldo dapat dilakukan ke semua rekening bank di Indonesia. Saat proses pencairan akan dikenakan biaya Rp.5.000.

Proses pencairan saat hari dan jam kerja dapat dicairkan saat itu juga. Tetapi pada weekend, tanggal merah, cuti bersama dan diluar jam kerja akan dicairkan keesokan harinya di hari dan jam kerja.

Cara Menghapus Akun Saweria

Beberapa streamer sengaja menutup akun saweria dikarenakan dukungan/donasi yang dibuat bersifat temporary. Beberapa contohnya adalah untuk penggalangan dana bencana alam.

Berikut adalah cara untuk menghapus akun Saweria.co:

1. Ajukan permohonan penghapusan akun ke pusat bantuan Saweria di help@saweria.co.

2. Gunakan subject judul email Penghapusan Akun Saweria.

3. Sertakan informasi user Saweria seperti nama, saldo, riwayat donasi, username, nomor HP.

4. Lampiran foto dengan cara selfie dengan menampilkan KTP yang jelas dan terbaca

5. Tunggu konfirmasi dari pihak Saweria

6. Tim Saweria akan memverifikasi dan menanyakan jika ada kekurangan.

7. Sertakan alasan untuk penghapusan akun Saweria

8. Ikuti instruksi hingga selesai

Saweria.co adalah platform donasi yang membantu content creator untuk berkembang. Kebanyakan pengguna saweria tidak mematok jumlah donasi, tetapi kebaikan para donatur lah yang menilai seberapa mereka menghargai karya para content creator.

Posting Komentar untuk "Saweria: Platform Donasi Content Creator"