Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Cara Meningkatkan Traffic Website dari Pinterest

Tips Meningkatkan Traffic Website dari Pinterest

Cara Meningkatkan Traffic Website dari Pinterest - Pinterest adalah salah satu platform social media yang sering di sepelekan oleh para pemilik bisnis dan blogger. Hal ini juga sering disalahpahami bahwa Pinterest hanya merupakan platform untuk mencari resep makanan dan home decor ideas.

Namun, beberapa niche blog seperti fitness, DIY, keuangan, parenting, teknologi dan bisnis belakangan ini juga semakin populer.

Bagi pemilik blog bule yang menargetkan pengunjung luar negeri, mereka menggunakan Pinterest untuk meningkatkan traffic websitenya.

Faktanya, salah satu blog home decor mendapatkan traffic 30% dari Pinterest.

Statistik Traffic Diagram Dari Pinterest

Bagi yang memulai membuat blog bule, pasti sudah merasakan sulitnya persaingan traffic. Terutama bagi yang budget minim untuk membeli backlink dan hanya fokus untuk mendapatkan traffic organic.

Di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana hebatnya Pinterest mendatangkan traffic luar negeri untuk blog bule kita.

Mengapa Pinterest Sangat Bagus Untuk Mendatangkan Traffic Luar Negeri ?

Mengenai hal ini, mari kita mulai dengan alasan mengapa Pinterest sangat bagus bagi blogger dan pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) yang menargetkan pengunjung luar negeri:

  • Pinterest adalah search engine. Banyak salah paham yang beranggapan Pinterest adalah social media platform, tetapi faktanya Pinterest merupakan search engine. Hal ini berarti konten kita akan tetap ditemukan bertahun-tahun setelah dipublikasikan tidak menghilang seperti platform lain seperti Facebook dan Instagram.
  • Lebih mudah ranking. Algoritma Pinterest tidak sama seperti Google dimana untuk mendapatkan posisi halaman pertama mengharuskan domain authority tinggi. Sedangkan Pinterest lebih mudah mendapatkan ranking untuk keyword populer.
  • Mayoritas pengunjung berpenghasilan tinggi. Sekitar 27% pengguna Pinterest memiliki penghasilan sekitar $20.000-80.000 per tahun, dan lebih dari 45% berpenghasilan lebih dari $70.000 menurut Statista
  • Pengunjung siap berbelanja. Sekitar 45% pengunjung Pinterest memutuskan berbelanja di Pinterest, dimana lainnya memilih berbelanja di Facebook sekitar 15% dan Instagram 11% menurut Statista.

7 Tips mendapatkan traffic berlimpah untuk Website dari Pinterest

Sekarang kita tahu bahwa Pinterest dapat bermanfaat untuk bisnis kita. Mari kita lihat 7 tips yang membantu kita untuk meningkatkan traffic website dari Pinterest.

1. Lakukan Pinterest Keyword Research

Jika kita sudah pernah mempelajari dasar Google SEO, setidaknya sedikit familiar dengan istilah keyword research.

Tetapi, mungkin ada sebagian yang belum paham istilah keyword research. Keyword research atau pencarian kata kunci adalah proses pencarian topik yang sedang populer atau banyak dicari orang di search engine. Kamu bisa menganalisa persaingan di keyword yang kamu targetkan.

Untungnya, pencarian kata kunci di Pinterest lebih mudah dibandingkan di Google. Mari kita lihat tiga teknik yang dapat digunakan untuk menemukan kata kunci yang kamu cari:

a) Pinterest search bar

Tips Meningkatkan Traffic Website dari Pinterest

Saat pertama kali kita mengetik apapun yang relefan ke niche blog kita, Pinterest akan otomatis menyarankan kata kunci yang sering dicari.

Rekomendasi kata kunci diberikan berdasarkan ribuan orang yang mencari di Pinterest.

Pada gambar diatas, kamu dapat melihat saat saya mengetik kata kunci "living room decor" maka akan diikuti kata kunci lainnya.

  • "living room decor" cozy
  • "living room decor" ideas
  • "living room decor" modern
  • "living room decor" apartment
  • "living room decor" curtains
  • "living room decor" with grey couch

b) Explore Pinterest

Teknik kedua adalah menggunakan Pinterest Explore page dan menemukan hal yang banyak di cari dari niche blog kita.

Tips Meningkatkan Traffic Website dari Pinterest

Setelah memilih satu topic, Pinterest akan memberikan informasi seperti artikel unggulan, pencarian terbanyak dan ide yang banyak dicari.

c) Pinterest Ads

Untuk menemukan kata kunci bisa menggunakan Pinterest Ads, caranya log in akun Pinterest dan pilih menu Ads > Create Ad

Tidak perlu khawatir, kita tidak akan membuat Campaign tetapi hanya akan melihat kata kunci.

Caranya, klik New ad group di kolom sebelah kiri > pilih strategy apapun > pilih Interest & Keyword > Masukkan kata kunci di Add keyword

Dikolom bagian kanan, ketik apapun terkait topik dari blog. Pinterest akan otomatis menampilkan related keyword beserta pencarian perbulannya.

Tips Meningkatkan Traffic Website dari Pinterest

Diatas adalah kata kunci untuk Spray Paint dan pencariannya diatas 100rb/bulan.

Tracking kata kunci Pinterest

Dengan cara diatas tadi, kita menemukan beberapa kata kunci. Sekarang saatnya mencatat keyword tersebut untuk di kembangkan.

Kita bisa menggunakan berbagai tools yang nyaman digunakan. Tools nya sebagai berikut :

  • Trello boards
  • Notepads
  • Google Docs
  • Word
  • Excel

Kalau saya lebih menyukai menggunakan Excel untuk merecord semua keyword.

2. Menyisipkan keyword di judul Pin dan deskripsi

Setelah menemukan beberapa kata kunci yang banyak dicari sesuai dengan niche kita, sekarang saatnya memulai untuk membuat judul Pin dan deskripsi sehingga pengunjung dapat menemukannya di kolom pencarian.

Untuk mengoptimalkan Pin yang telah kita buat, berikut yang harus dilakukan :

  • Tambahkan keyword utama di judul Pin dan deskripsi
  • Tambahkan keyword utama di Pin image (Pinterest membaca text yang terdapat pada gambar)
  • Sisipkan related keyword di deskripsi Pin
  • Sisipkan 2-5 hashtag yang relevan di akhir deskripsi Pin

3. Gunakan related keyworad di judul Board dan deskripsi

Di Pinterest, pengunjung dapat mencari spesifik Board untuk di follow. Jadi sangat penting untuk memasukkan related keyword di judul Board dan deskripsi.

Cara mengoptimalisasi Board sama dengan optimalisasi Pin. Hanya saja perbedaanya Board tidak memerlukan penambahan hashtag.

4. Sesuaikan dengan judul blog post

Pinterest saat ini terus berkembang seperti Google. Platform ini dapat meninjau seberapa terkait blog post dengan Pin yang terhubung.

Pinterest ingin memastikan halaman Pin cocok dengan semantiknya. Misalnya, kita publish Pin berjudul "Bantal Brokat Hijau" dan menambahkannya ke board berjudul "Living Room Decor", Pinterest akan menghubungkan Pin tersebut dengan produk home decor lainnya.

5. Ciptakan rasa penasaran dengan Pin

Salah satu cara memastikan pengunjung mengeklik link yang menuju website kita adalah menciptakan rasa ingin tahu dengan judul dan gambar Pin.

Teknik ini tidak hanya digunakan untuk Pin, tetapi juga bisa digunakan untuk Subject judul email dan judul postingan pada blog.

Sebagai contoh, jika kita menulis sebuah artikel dengan judul "Makanan yang dihindari untuk mengurangi berat badan" dan menggunakan gambar donat di Pin, maka tidak akan banyak pengunjung yang mengeklik Pin kita dikarenakan cukup jelas donat itu banyak kalori.

Lebih baik menggunakan gambar yang yang digunakan sesuatu seperti yogurt, dimana kebanyakan dianggap sehat tetapi kebanyakan memiliki banyak tambahan gula.

Juga gunakan judul seperti "Jenis makanan sehat yang membantu kamu menaikkan berat badan" dapat membuat rasa penasaran.

6. Buat Pin Kamu Menarik Perhatian

Dalam hal membuat Pin menjadi menarik perhatian, banyak orang memberikan saran yang sama - Gunakan warna cerah yang menarik perhatian orang.

Meskipun benar bahwa warna yang cerah cenderung menarik perhatian, cara ini tidak selalu merupakan ide yang baik untuk Pinterest.

Alasannya adalah jika setiap orang menggunkan warna-warna cerah pada Pin mereka, maka tidak akan ada lagi Pin yang menonjol.

Teknik yang lebih baik adalah dengan membuat desain Pin terlihat sesuatu yang berbeda dan menarik perhatian.

Contohnya, jika kita membuat website dengan niche fitness dan melihat semua Pin menggunakan warna yang terang, kita bisa menggunakan kombinasi warna yang gelap atau redup untuk membuatnya menonjol.

Dengan kata lain jika kita lihat semua orang di niche blog kita menggunakan warna yang gelap atau redup, kita bisa menggunakan kombinasi warna yang terang.

7. Terapkan Metode Rich Pins

Rich Pins adalah Pin yang otomatis menarik informasi dari website ke Pin kita. Hal ini memudahkan pengguna untuk melihat informasi tambahan dari artikel kita, dimana hal ini dapat meningkatkan CTR (Click-Through Rate) atau rasio tayangan klik.

Contoh Rich Pins Pinterest

Rich Pin juga akan menyelaraskan informasi dari blog kita setiap kalo ada perubahaan dari blog post kita.

Contohnya, untuk menulis artikel dengan judul "Dekorasi Rumah Terbaik 2021" dan karena saat ini sudah berganti tahun dan kita mengupdatenya menjadi tahun 2022, Rich Pin akan otomatis mengupdate semua Pin yang terhubung ke artikel tersebut dengan judul yang baru.

Jenis-Jenis Rich Pins

Berikut adalah 4 jenis Rich Pins dengan informasi yang berbeda:

  • Rich Pins Artikel. Menampilkan judul, meta deskripsi dan penulis artikel
  • Rich Pins Resep. Menampilkan judul, porsi penyajian, waktu memasak, rating dan daftar bahan masakan
  • Rich Pins Produk. Rich Pins Produk terhubung ke halaman produk dimana menampilkan informasi produk terbaru dalam hal harga dan ketersediaan
  • Rich Pins Aplikasi. Pin ini menampilkan install button sehingga pengguna dapat mengunduh aplikasi Anda tanpa meninggalkan Pinterest.

Bagaimana Cara Menggunakan Rich Pins ?

Untuk mengajukan Rich Pins, kita perlu menambahkan beberapa metadata di website kita. Penambahan metadata dapat dilakukan secara manual atau dengan plugin.

Melakukan dengan cara manual prosesnya sangat rumit, jadi kita akan menggunakan dua plugin yang berbeda, salah satunya mungkin sudah diinstal di blog Anda. Tetapi sayangnya cara ini khusus untuk pengguna platfrom WordPress saja.

a) Menambahkan metadata menggunakan Open Graph dan Twitter Card Tags

Hal yang harus dilakukan adalah masuk ke dashboard WordPress Anda, instal plugin Open Graph dan Twitter Card Tags, dan aktifkan. Anda tidak perlu mengubah pengaturan sama sekali.

Cukup mudah, bukan ?

b) Menambahkan metadata menggunakan Yoast SEO

Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO paling populer, kemungkinan besar Anda mungkin sudah menggunakannya.

Jika Anda sudah menggunakan Yoast SEO, langkah selanjutnya adalah masuk Dashboard WordPress > SEO > Social > klik "Facebook" > Aktifkan "Add Open Graph Meta Data" > Save

Setelah mengaktifkan Open Graph, jika menggunakan chaching plugin hal yang perlu dilakukan adalahan membersihkan cache.

Setelah cache bersih, buka Rich Pin Validator > copy URL salah satu blog post > paste ke dalam "Enter a valid URL" > klik validate.

Rich Pins Pinterest

Nah, Jika Pinterest dapat menemukan metadata, Anda akan menerima pesan bahwa Rich Pins telah disetujui Pinterest.

Rich Pins Pinterest

Kesimpulan

Keren kan ! Jika Anda berencana untuk meningkatkan traffic dari Pinterest tanpa harus mengeluarkan uang untuk ads, tips kali ini akan membantu Anda untuk memulai.

Bahkan, jika saat ini Anda menggunakan sumber traffic lain seperti Google, cara ini merupakan ide yang bagus untuk diversifikasi sumber traffic.

Jika Google ada update algoritma, kita tidak ingin meletakkan semua telur dalam satu kerjanjang bukan ?

Posting Komentar untuk " 7 Tips Cara Meningkatkan Traffic Website dari Pinterest"